Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Monday, January 21, 2013

Bintang Satria Saba Kota

Kelas usia 8 tahun. 


Nama Mars Muda sebagai klub dan sekolah sepakbola yang sudah lama berkibar di seantero Kota Satria, Purwokerto, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelatih di Sekolah Sepak Bola Bintang Satria Desa Pancasan Ajibarang Banyumas.

Minggu, 20 Januari 2013, sejumlah 70 murid SSB Bintang Satria di bawah kepemimpinan Aminuddin Azis, dengan armada 3 mikrobus beranjangsana melakukan latih tanding dengan SSB Mars Muda, di Lapangan Karang Wangkal Purwokerto Utara.
” Sengaja kami mengajak murid untuk berlatih bersama dengan klub yang sudah punya nama besar. Untuk menambah rasa percaya diri mereka, sekaligus bisa introspeksi, melihat kelebihan dan kekurangan diri mereka sendiri bila dihadapkan dengan lawan tanding,” demikian uraian Sugeng Sujatmono, salah satu pelatih SSB Bintang Satria dengan semangat.
Dengan pasukan sebanyak itu, kesempatan bagi semua murid untuk menjajal kemampuan teknis dan fisik dalam latih tanding dengan SSB Mars Muda. Latih tanding berjalan seru dalam 9 (sembilan) partai, dan masing masing partai mengikuti kelas murid yang berdasar umur. Partai umur 8 tahun dan 10 tahun masing-masing dua pertandingan, menggunakan separuh lapangan, sembilan pemain dan waktu 2 X 20 menit.
” Kami mengikuti ketentuan-ketentuan yang berlaku selama ini,” jelas Sunarto, sesepuh sepak bola Karang Wangkal yang sekaligus pelatih di Mars Muda. ” Hal itu untuk menjaga kondisi anak agar tidak terforsir,” kata Bang Kumis, panggilan akrab Sunarto. ” Untuk usia 13 tahun ke atas, sudah bisa menggunakan keseluruhan lapangan dengan pemain 11 orang, namun untuk waktu hanya 2 X 30 menit,” lanjut Sunarto.
Drs Hudaya, Kepala Kelurahan Karang Wangkal sempat berbincang-bincang dengan Achmad Munawar, Kepala Desa Pancasan di sela-sela pertandingan. Keduanya bersepakat, tarjet utama adalah mendidik anak untuk menjunjung tinggi sportifitas dalam berolah raga, sekaligus mengharapkan akan terasahnya bibit-bibit bakat baru yang akan meramaikan persepak bolaan di Banyumas.
Menjelang tengah hari, pertandingan umur 13 tahun usai dengan hasil 1-0 untuk SSB Bintang Satria. Pertandingan-pertandingan sebelumnya, usia 8, 10 dan 12 tahun, ‘ndilalah’ semuanya berakhir seri.
Partai terakhir, pertandingan dengan pemain berusia 17 tahun yang juga partai puncak, berlangsung di bawah terik matahari. Dalam pertandingan itu terlihat jelas ketidak seimbangan kondisi pemain. ” Terlihat sekali, kerjasama Mars Muda begitu sempurna,” kata Busro Kamal, salahs seorang SSB Bintang Satria. ” Dalam mengolah bola, teknik menggiring dan sebagainya, jelas kita masih ketinggalan jauh,” lanjut Busro. Pertandingan berakhir dengan skor 6-0 untuk Mars Muda.
Dalam ramah tamah usai pertandingan sekaligus berpamitan, Suparno, salah seorang pelatih Mars Muda mengatakan,” Kami sangat tertarik untuk mengadakan kunjungan balasan ke Pancasan. Dari segi teknis, Pancasan sudah cukup baik. Dari segi fisik, kelihatan sekali masih  membutuhkan peningkatan,”
Lebih banyak latih tanding, lebih banyak pengalaman. Dan setiap orang menyakatakan, pengalaman adalah guru yang terbaik. Tetap semangat, Sekolah Sepak Bola Bintang Satria Pancasan.

No comments:

Post a Comment