Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Thursday, October 18, 2012

SSB Dharaka Berni Jember, wujud keperdulian suporter dan TNI


Dharaka Berni, sekolah sepakbola (SSB) yang dikelola suporter Persid Jember, Berni atau Jember Berani, dengan Brigade Infantri 9 Kostrad mulai menunjukkan taring di tengah segala keterbatasan. Baru berdiri pada 29 Februari 2012 lalu, siapa sangka 2 bulan kemudian Dharaka Berni sudah menjuarai Turnamen Wong Jenewa Cup yang diikuti 36 klub seluruh Kabupaten Jember. Hal ini makin melambungkan nama SSB Dharaka Berni di daerah Jember dan sekitarnya.

Sekolah Sepakbola (SSB) Dharaka Berni diresmikan secara sederhana oleh Komandan Brigif 9 Kostrad Kolonel Erwansyah di ruang Yudha Markas Brigif 9 Kostrad Kabupaten Jember, Jawa Timur dengan tujuan menjadikan Dharaka Berni semacam akademi sepakbola di Jember.
Berikut wawancara BinaSepakbola dengan bapak Joni Budi Utomo, Manajer SSB Dharaka Berni :
Bisa tolong ceritakan sejarah singkat berdirinya SSB Dharaka Berni dan harapan atau tujuan utama yg anda ingin capai dengan mendirikan SSB tersebut?
Latar belakang kepedulian sekaligus rasa keprihatinan terhadap pembinaan sepakbola khususnya di jember, dimana begitu banyak putra2 asal jbr yg berprestasi secara nasional tetapi di abaikan di jember, shg mereka menjadi pahlawan bagi daerah lain.
SSB ini didirikan pada 29 Februari 2012 (Ultah nya 4 thn sekali) dan terdaftar di notaris No 57 , 23 februari 2012, adalah kerjasama antara Brigade Infanteri 9 Jember dengan Suporter Persid (BERNI = Jember Brani), dimana pengelolaan ini diserahkan kepada BERNI serta fasilitas dari BRIGIF Jember.
Harapannya, akan terlahir putra dan putri yang punya keahlian dalam bidang sepakbola tetapi menjunjung tinggi disiplin dan santun serta menghormati orang tua dan sesama pesepakbola.
SSB Dharaka Berni akan menjadi penyumbang pemain baik bagi PS Dharaka Yudha (milik Brigif yang berlaga di divisi Utama) maupun kepada BERNI FC klub milik suporter yang tahun ini sebagi runer up divisi II dan sekarang berlaga di divisi I.
Sudah berapa banyak anak didik yg ada di SSB Dharaka Berni sampai saat ini?
Yang terdaftar sampai saat ini adalah 213 siswa mulai dari siswa U-12 (7-12 th) U-16 dan U-18, tetapi yang rutin sekitar 60% adalah U-18 40 siswa, U-16 34 siswa dan U-12 60 siswa
Setelah para anak didik di Dharaka Bernie  “matang” adakah langkah selanjutnya yg akan dilakukan untuk membantu anak didik tersebut mengembangkan bakatnya? Menyalurkannya ke klub profesional mungkin atau memberi jalan untuk anak didik agar dpt trial di beberapa klub profesional mungkin?
Yah kita komitmen untuk menyalurkan pemain pemain berbakat kita, kebetulan penasehat SSB adalah ketua umum Persid dan Sekretaris PSSI jember sekaligus pemilik Jember United. Pemain kita sudah tersalur di Jember United (Berlaga di div III nasional) dan tahun ini ada 2 pemain kita yang akan masuk squad Persid Jember.
Beberapa pemain kita sudah didekati oleh Persekabpas Pasuruan Kiper U-18 dan Back Kanan U-17 untuk berlaga di Divisi III Nasional. Dan 7 pemain sebagai tulang punggung piala Suratin Jember, jadi untuk penyaluran pemain memang menjadi prioritas kita, tetapi tetap sebagai filter tidak semuanya bisa kita setujui, karena mereka semuanya pelajar dan harus mendapat persetujuan orang tua.
Apa kendala dalam perjalanan SSB Dharaka Berni ini?
Kendala perjalanan SSB ini adalah masalah biaya, karena baru 30 % siswa yang membayar biaya, kita akan terus memperbaiki administrasi sehingga biaya ini bisa mendapat solusi nya, serta sarana dan prasarana latihan yang kurang, bola, cone, gawang kecil kita masih kekurangan, beberapa proposal sudah kita buat tetapi karena kita baru terbentuk sehingga belum mendapat respon positif dari pihak sponsor… Untuk menggali dana, kita akan menggelar turnamen sepak bola bertajuk DAN BRIG CUP 2012, mudah mudahan sukses.
Sejauh mana peran orang tua dalam mendukung anaknya di SSB Dharaka Berni ini?
Peran orang tua sangat dominan terutama untuk siswa U-12, dan siswa usia inilah yang paling tertib administrasi, oleh karena itu untuk festival sepakbola sering kita ikuti untuk anak2 usia ini karena peran aktif orang tua, seperti Piala Danone, piala KANPORA dsb, dan tanggal 2 Nopember nanti Usia U-12 ini juga akan mengikuti JTV Cup di Banyuwangi, ada 2 anak didik kita yang ikut O2SN jawa Timur, sedangkan untuk U-16 dan U-18 hanya beberapa orang tua yang ikut terlibat, dan usia inilah yang paling tidak tertib administrasi.
Darimana sajakah referensi “kurikulum” untuk SSB Dharaka Berni ?
Yang pasti dari PSSI, yang beberapa bulan yang lalu dapat dari Wim, di kombinasikan dengan pengetahuan dan pengalaman dari Pelatih kita.
Prestasi apa sajakah yang pernah diraih oleh SSB Dharaka Berni ?
Prestasi U-17 menjadi Juara I Piala Wonk Jenewa Cup I untuk Usia 17 dan Juara III Piala Wonk Jenewa Cup I untuk Umum.
Saya dengar ada rencana Dharaka Berni mau mengikuti kompetisi Internal Pengcab PSSI Jember, sudah sejauh mana persiapannya sekarang? Seleksi pemain?
Untuk memberikan pengalaman bagi siswa SSB Dharaka Berni, maka kemarin kita daftarkan ke Pengcab PSSI Jember untuk ikut Kompetisi Internal di Divisi III, tetapi terkendala nama, maka harus di ganti nama, karena kompetisi internal tidak boleh diikuti oleh SSB, dan tidak boleh dengan nama yang sama, karena senior kita ada nama PS Dharaka Yudha dan BERNI FC, kebetulan Divisi III ini akan menggulirkan kompetisi untuk U-19. Mudah mudahan segera terwujud!
Apa rencana Kedepan dalam waktu dekat untuk pengembangan SSB Dharaka Berni ?
Rencana kedepan adalah memperbaiki kinerja SSB, karena setelah libur puasa Ramadhan beberapa siswa tidak lagi aktif, dan akan dilakukan RE LAUNCH dan Pawai keliling kota jember untuk lebih mengenalkan SSB DB ini, serta mencari peluang untuk bisa berlaga di tingkat lebih tinggi Provinsi/Nasional (Piala Suratin maupun Divisi III Nasional).
Kemudian mencari investor yang bisa di ajak bekerja sama untuk menjadi rekanan (sponsorship), dan mimpi sekali sekali ada petinggi PSSI yang sudi mampir ke SSB Dharaka Berni ha ha ha.

DATA SSB

Nama : SSB Dharaka Berni
Alamat : Markas Komando Brigif 9 Kostrad
Jln Dr Soebandi Jember Alamat
Lapangan : Idem
Pengurus : Ir Joni Budi Utomo (08883640639)
Pelatih : 1 licency C, 1 Licency D, 5 non licency
Prestasi SSB :
  • Juara I U-17 Piala Wonk Jenewa Cup I
  • Juara III Umum Piala Wonk Jenewa Cup I
Jumlah Anak didik aktif 134 siswa, total keseluruhan siswa 213 siswa (2012).

No comments:

Post a Comment